IPNews. Jakarta. Jaksa Agung Prof. Dr Agung ST Burhanuddin didampingi Kepala Badan Diklat (Kabandiklat) Kejaksaan RI Tony Tribagus Spontana melihat dan meninjau langsung pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2021,

Turut mendampingi Jaksa Agung dalam kunjungan kerja tersebut,” Jaksa Agung Muda Pembinaan Bambang Sugeng Rukmono, Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung Katarina Endang Sarwestri, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Staf umum Kuntadi dan staf Khusus Jaksa Agung Hendro. di Badan Diklat Kejaksaan RI, Jl. Harsono RM, Jakarta Selatan, Sabtu (4/12/2021).

Jaksa Agung bersama jajaranya langsung menyaksikan langsung pelaksanaan SKB Psikotest dan Test Kejiwaan di Sport Center Badan Diklat Kejaksaan RI. Selanjutnya menyaksikan dan melihat Test Kesamaptaan dan Tes Beladiri yang pelaksanaannya di Lapangan Olahraga Badan Diklat Kejaksaan RI.

Dia juga menyempatkan melihat peserta Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) Angkatan LXXVIII (78).

Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung Katarina Endang Sarwestri dalam keterangan pers menyampaikan,” bahwa saat ini jumlah peserta SKB Kejaksaan RI sebanyak 10.392 orang. Adapun jenis SKB yang dilaksanakan yaitu Psikotest, Test Kejiwaan dan Test Kesehatan untuk seluruh formasi.

CAT BKN untuk formasi pada jenjang D-3, S-1, dan S-2 sebanyak 7.340 orang. Test Wawancara untuk formasi pada jenjang S-1 dan S-2 sebanyak 3.748 orang. Test Kesamaptaan untuk seluruh formasi pada jenjang SLTA sebanyak 2.962 orang. Test Praktek Kerja untuk formasi pengadiministrasian penanganan perkara sebanyak 1.488 orang.

Sedangkan pelaksanaan SKB di titik lokasi Kejaksaan Agung dilaksanakan:

Test Kesehatan dilakukan di RSU Adhyaksa Ceger, yang dimulai pada tanggal 27 November s/d 3 Desember 2021, dengan jumlah peserta 1.370 orang (yang hadir 1.241 orang dan yang tidak hadir 129 orang).

Test Wawancara dilakukan di Kejaksaan Agung, yang dimulai pada tanggal 29 November sampai dengan 3 Desember 2021, dengan jumlah peserta 613 orang (yang hadir 567 orang dan yang tidak hadir 46 orang).

Psikotest dan Test Kejiwaan dilakukan di Badan Diklat Kejaksaan RI, yang dimulai pada tanggal 29 November sampai dengan 6 Desember 2021, dengan jumlah peserta adalah 1.370 orang dengan kapasitas harian mencapai 230 orang.

Test Kesamaptaan dilakukan di Badan Diklat Kejaksaan RI, yang dimulai pada tanggal 4 dan 5 Desember 2021, dengan jumlah peserta 89 orang.

Test Beladiri dilakukan di Badan Diklat Kejaksaan RI, yang dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2021, dengan jumlah peserta 33 orang.

Test Praktek Kerja dilakukan di Badan Diklat Kejaksaan RI, yang dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2021, dengan jumlah peserta 56 orang. Imbuhnya.

Sementara berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan menyebutkan, sebelumnya selama sepekan sejumlha pejabat Eselon I Kejaksaan Agung (Kejagung) diterjunkan langsung ke sejumlah daerah di Indonesia untuk melaksanakan tes SKB.

Mereka adalah, antara lain, Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan RI, Dr Sunarta SH MH, melaksanakan tes SKB di Surabaya, Jawa Timu, dan Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan RI, Dr Fadil Zumhana SH MH, melaksanakan tes SKB di Medan, Sumatera Utara.

Selain itu, Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan RI, Dr Amir Yanto SH MH, melaksanakan tes SKB di Semarang, Jawa Tengah, dan Kepala Badiklat Kejaksaan RI, Tony Spontana SH MH, melaksanakan tes SKB di Yogyakarta.

Tes SKB ini dilaksanakan setelah sebelumnya para peserta mengikuti dan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebagai tahapan proses rekrutmen CPNS Kejaksaan RI tahun anggaran 2021.

Para peserta itu bersaing memperebutkan 4.148 formasi yang tersedia pada seleksi CPNS Kejaksaan tahun ini. Ribuan formasi tersebut terbagi dalam 27 jabatan untuk lulusan SLTA/SMA sederajat, D3, D4, S1, S2 hingga Dokter Spesialis. (wan/tim).

Bagikan :